RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Tingkat
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Ilmu Pendidikan Alam
Kelas / Semester :
V/I
Alokasi Waktu :
2 x 35 menit ( 1 x
pertemuan )
I.
Standar
Kompetensi :
1.
Mengidentifikasi Fungsi Organ Tubuh Manusia dan Hewan
II. Kompetensi Dasar :
1.1 Mengidentifikasi Fungsi organ pernapasan manusia
III. Indikator Pembelajaran :
1. Mengidentifikasi Alat Pernapasan pada Manusia
2. Menjelaskan Proses
Pernapasan
3. Menjelaskan Fungsi Alat Pernapasan
4. Menjelaskan hal yang mengganggu sistem Pernapasan Manusia
5. Menjelaskan cara
mencegah Penyakit Pernapasan
IV. Tujuan Pembelajaran :
Melalui diskusi dan tanya
jawab , diharapkan peserta didik dapat :
1. Mengidentifikasi Alat Pernapasan pada Manusia
2. Menjelaskan Proses
Pernapasan
3. Menjelaskan Fungsi Alat Pernapasan
4. Menjelaskan hal yang mengganggu sistem Pernapasan Manusia
5. Menjelaskan cara
mencegah Penyakit Pernapasan
V. Materi
Bernapas adalah
aktivitas mengeluarkan (ekspirasi) dan memasuka (inspirasi) dari dan kedalam
tubuh makhluk hidup. Hewan dan manusia melakukan hal itu untuk dapat
bernafas,hewan dan manusia dilengkapi alat- alat yang berperan dalam bernafas.
Alat Pernapasan Pada manusia
·
Hidung
·
Trakea
·
Pembuluh napas
·
Paru-paru
Hal yang Mengganggu Pernapasan
·
Gas buang Kendaraan dan Industri
·
Asap Rokok
·
Racun Serangga
Cara Mencegah Penyakit Pernapasan
VI. Metode Pembelajaran
a.
Metode :
Pengamatan , diskusi dan tanya jawab
b.
Pendekatan :
Konstruktivis
c. Model : Model Interaktif
VII. Kegiatan Pembelajaran
No.
|
Tahap
|
Kegiatan
|
1
|
Pendahuluan
Pengetahuan Awal
|
Guru bertanya pada siswa :” Apakah kalian tahu
mengapa kita sampai saat ini masih bisa hidup ?”
Setelah mendengar berbagai jawaban dari siswa , lalu guru mengajak
siswa untuk menutup mulut dan
hidungnya selama beberapa menit, kemudian siswa diperintahkan untuk mengamati
apa yang terjadi ketika menutup hidung dan mulut selama beberapa menit .
Guru menjelaskan bahwa salah satu ciri dari
makhluk hidup adalah bernapas.
|
3
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi
|
Guru menunjukan gambar bagian alat
pernapasan manusia. Lalu guru meminta siswa memperhatikan dan guru bertanya
kepada siswa “ apakah kalian tahu apakah nama-nama bagian dari alat
pernapasan ini? Dan apa fungsi dari setiap alat pernapasan ini?” lalu guru mengapresiasi setiap jawaban
siswa dan menuliskannya di papan tulis. Guru membentuk kelompok dan membagikan LKS untuk melakukan penyelidikan
apakah benar bagian-bagian tersebut sesuai dengan apa yang disebutkan siswa.
|
4
|
Penyelidikan
|
Siswa secara berkelompok mengamati gambar
alat pernapasan manusia yang diberikan guru berdasarkan bantuan LKS dan
kemudian mendiskusikan hasil
pengamatannya.
|
5
|
Pengetahuan Akhir
|
Siswa dipandu oleh guru mendiskusikan hasil
penyelidikannya. Setelah menyelesaikan diskusi kelas siswa diajak untuk
menyimpulkan pembelajaran menjadi suatu konsep baru.
|
6
|
Kegiatan Akhir
Refleksi
|
Siswa diberi tugas untuk menjawab soal
latihan..
|
VIII. Sumber dan Alat Pembelajaran
a. Sumber : KTSP Mata Pelajaran IPA untuk SD kelas V SD
Hadian, Yuvan. 2007. Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu untuk SD/MI Kelas V. Bogor : CV.
Regina
b. Alat dan Bahan : Torso, gambar dan gambar alat
pernapasan pada manusia.
c. Media Pembelajaran : Menggunakan Torso dan Media Gambar.
IX. Penilaian
a.
Bentuk : Tes Tulis
b.
Jenis : Pilihan Ganda
c.
Instrumen ( Terlampir)
LAMPIRAN
Lampiran
I LKS
Lampiran
II Soal Tes Tulis
Lampiran
III Kisi-kisi Soal Ulangan Harian
Lampiran IV Soal Ulangan Harian
Lampiran
V Aspek Penilaian Afektif
Lampiran
VI Aspek Penilaian Psikomotor
Lampiran
VII Contoh Media (Torso) dan Media Gambar
Bandung, 2012
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas
Ohan Handiyanto Leny Syilvia NIngsih
NIM: 1101307 NIM: 1003272
LAMPIRAN I
Lakukanlah hal berikut
1.
Amati dan pelajarilah gambar alat penapasan manusia berikut.
2.
Lakukanlah tugas berikut ini dan isilah pertanyaan-pertanyaannya.
Jawablah pertanyaan berikut ini.
1.
Setelah kalian mengamati dan mempelajari gambar alat pernapasan manusia,
diskusikanlah dengan teman sekelompok kalian apakah fungsi dari alat pernapasan
tersebut.

2.
Berdasarkan gambar alat-alat
tersebut , manakah yang termasuk alat pernapasan?
3.
Jelaskan proses perjalanan udara dari luar sampai masuk ke paru-paru?
4.
Bagaimanakah proses perjalanan udara hasil pernapasan darip paru-paru kalian ke luar tubuh?
5.
Saat kalian menghirup napas, sebaiknya menggunakan hidung daripada mulut.
Mengapa hal tersebut harus dilakukan?
6.
Di manakah tempat terjadinya pertukaran udara pernapasan dan udara hasil
pernapasan?
7.
Presentasikan hasil diskusi tersebut !
8.
Buatlah laporan kegiatan yang
telah kamu lakukan! Kumpulkan laporan tersebut kepada bapak atau ibu guru!
LAMPIRAN II
Soal Tes Tulis
I.
Pilihlah Jawaban yang
paling tepat.
1. Kita bernapas menghirup.....
a. Uap air c. Oksigen
b. Karbon dioksida d. Hemoglobin
2. Penyakit yang menggannggu alat
pernapasan adalah....
a. trakea
b. pening
c. bronkitis
d. kolera
3. Rambut hidung dan selaput lendir berguna untuk .
. . .
a. menyaring udara yang masuk
b. mengikat oksigen
c. membasahi pangkal tenggorok
d. mengeluarkan
kotoran
4. Alat tubuh yang tidak
termasuk alat pernapasan adalah...
a. Rongga hidung
b. Tenggorokan
c. Kerongkongan
d. Paru-paru
5. Cabang-cabang bronkus disebut . . . .
a.
Bronkiolus
b.
Faring
c.
Trakhea
d.
paru-paru
6. Pertukaran udara
antara udara pernafasan dan hasil pernafasan terjadi di...
a.
Tenggorokan
b.
Pembuluh napas
c.
Hidung
d.
Gelembung paru-paru
7. Apa yang harus
dilakukan untuk menjaga kesehatan sistem pernafasan...
a. Membersihkan debu
b. Menghirup asap rokok
c. Menggunakan racun
serangga
d. Menghirup asap
industri
8. Paru-paru dibungkud oleh selaput paru-paru yang
disebut....
a. Bronkus
b. Bronkiulus
c. Aveolus
d. Pleura
9. Sekat antara rongga dada dan rongga rongga perut
disebut....
a. Bronkus
b. Alveolus
c. Diafragma
d. Bronkiulus
10. Apakah yang dimaksud dengan proses inspirasi....
a. Proses masuknya udara pernapasan ke dalam
paru-paru
b. Proses masuknya udara pernapasan ke dalam hidung
c. Proses keluarnya udara pernapasan dari dalam
paru-paru
d. Proses keluarnya udara pernapadan dari dalam
hidung
11. Berikut merupakan salah satu asap yang merupakan
penyebab dari sesak napas, kecuali.....
a. Asap rokok
b. Asap pembakasan sampah
c. Asap kendaraan bermotor
d. Asap parfum
12. Gangguan pernapasan yang dapat disebabkan oleh
udara yang tercemar yaitu . .
a. Bronkuitis
b. Asma
c. TBC
d. Influenza
13. Gangguan pernapasan yang disebabkan oleh virus, yaitu . . . .
a.
Asma
b.
Polip
c.
Influenza
d.
sesak napas
14. Salah satu cara menjaga kesehatan alat
pernapasan yaitu . . . .
a.
tinggal di lingkungan ber-AC
b.
berolahraga teratur
c.
tinggal di daerah dingin
d.
menutup mulut dengan tangan
15. Sumber pencemaran udara di dalam
rumah bisa berasal dari...
a. Gas buang motor
b. Uap air mendidih
c. Gas buang mobil
d. Asap rokok dan racun serangga
LAMPIRAN III
KISI-KISI SOAL ULANGAN HARIAN
Standar Kompetensi :
1.
Mengidentifikasi Fungsi Organ Tubuh Manusia dan Hewan
Kompetensi Dasar :
1.1
Mengidentifikasi Fungsi organ pernapasan manusia
Indikator
|
Nomor Soal
|
Butir Soal
|
Aspek
|
Kunci Jawaban
|
|||||
C1
|
C2
|
C3
|
C4
|
C5
|
C6
|
||||
1. Mengidentifikasi Alat Pernapasan pada Manusia
|
1
3
|
16. Paru-paru manusia
terdiri atas....
a. Dua bagian
b. Tiga bagian
c. Empat bagian
d. Lima bagian
3.Alat tubuh yang tidak termasuk alat pernapasan
adalah...
e. Rongga hidung
f.
Tenggorokan
g. Kerongkongan
h. Paru-paru
|
ü
ü
|
|
|
|
|
|
A
C
|
2. Menjelaskan Proses Pernapasan
|
6
2
8
7
|
6. Ketika kita bernapas gas apakah yang hanya
dibutuhkan oleh tubuh kita...
a. Karbon dioksida
b. Nitrogen
c. Oksigen
d. Uap air
2.Pernyataan yang benar mengenai gambar di samping adalah . . . .
![]()
a. Udara keluar sehingga rongga dada mengembang.
b. Udara masuk sehingga rongga dada mengempis.
c. Diafragma mengendur sehingga udara masuk.
d. Otot antar tulang rusuk mengendur sehingga udara keluar
8.Saat menarik napas, udara masuk rongga hidung dan selanjutnya menuju
. . . ..
a.
kerongkongan - bronkus -
bronkiolus – alveolus
b.
tenggorokan - cabang batang
tenggorok – alveolus
c.
cabang batang tenggorok-
kerongkongan– alveolus
kerongkongan - cabang
kerongkongan -alveolus
7.Pada saat terjadi pertukaran udara pernapasan terjadi pula . . . ..
a.
oksigen diikat Hb untuk
diedarkan ke seluruh sel tubuh
b.
karbon dioksida diikat Hb untuk
diedarkan ke seluruh tubuh
c.
oksigen dilepaskan oleh Hb
untuk dikeluarkan dari tubuh
d.
karbon dioksida diikat oleh Hb
|
ü
ü
|
ü
ü
|
|
|
|
|
C
D
B
A
|
3.
Menjelaskan
Fungsi Alat Pernapasan
|
4
9
|
4. Bulu getar yang terdapat pada tenggorokan berfungsi untuk
a. Menolak debu dan
benda asing keluar
b. Menyalurkan udara ke
paru-paru
c. Mengatur banyaknya
udara yang masuk
d. Membunuh kuman yang
masuk bersama udara
9. Menyaring dan mengeluarkan partikel-partikel
asing yang masuk ke saluran pernapasan merurakan fungsi dari...
a. Bronkus
b. Bronkiulus
c. Silia
d. Laring
|
|
ü
ü
|
|
|
|
|
A
C
|
4.Menjelaskan hal yang mengganggu sistem Pernapasan
Manusia
|
5
|
5.Manakah yang bukan termasuk hal yang dapat
mengganggu sistem pernapasan manusia....
a. Gas buang kendaraan
b. Wangi masakan
c. Asap rokok
d. Racun serangga
|
ü
|
|
|
|
|
|
C
|
5.
Menjelaskan cara mencegah Penyakit Pernapasan
|
10
|
10.Sumber pencemaran udara di dalam rumah bisa
berasal dari...
e. Gas buang motor
f.
Uap air mendidih
g. Gas buang mobil
h. Asap rokok dan racun
serangga
|
ü
ü
|
|
|
|
|
|
D
|
Kisi-Kisi Soal Ulangan Harian
Essay
Indikator
|
Nomor Soal
|
Butir Soal
|
Aspek
|
Kunci Jawaban
|
|||||
C1
|
C2
|
C3
|
C4
|
C5
|
C6
|
||||
1. Mengidentifikasi Alat Pernapasan pada Manusia
2.
Menjelaskan Proses Pernapasan
3. Menjelaskan fungsi alat pernapasan
4.
Menjelaskan
hal yang mengganggu sistem Pernapasan Manusia
5.
Menjelaskan cara mencegah Penyakit Pernapasan
|
1
2
4
5
3
|
1.Apakah yang dimaksud dengan
bernapas...
2. Fungsi bulu-bulu hidung adalah...
4.Bagian paru-paru tempat
terjadinya pelepasan gas oksigen dan penarikan gas dioksida adalah...
5.Penghubung antara rongga
hidung dan paru-paru....
3. Apakah yang
dimaksud dengan perokok pasif....
|
ü
ü
ü
ü
ü
|
|
|
|
|
|
A
C
|
LAMPIRAN IV
Tes Formatif
Lingkarilah
huruf A, B, C, atau D pada jawaban yang benar
1. Paru-paru manusia
terdiri atas....
a. Dua bagian
b. Tiga bagian
c. Empat bagian
d. Lima bagian
2.
Pernyataan yang benar mengenai gambar di samping adalah . . . .
a. Udara keluar sehingga rongga dada mengembang. 

b. Udara masuk sehingga rongga dada mengempis.
c. Diafragma mengendur sehingga udara masuk.
d. Otot anta rtulang rusuk mengendur sehingga udara keluar
3. Alat tubuh yang tidak termasuk
alat pernapasan adalah...
a. Rongga hidung
b. Tenggorokan
c. Kerongkongan
d. Paru-paru
4. Bulu getar yang
terdapat pada tenggorokan berfungsi untuk
a. Menolak debu dan benda
asing keluar
b. Menyalurkan udara ke
paru-paru
c. Mengatur banyaknya
udara yang masuk
d. Membunuh kuman yang
masuk bersama udara
5. Manakah yang bukan
termasuk hal yang dapat mengganggu sistem pernapasan manusia....
a. Gas buang kendaraan
b. Wangi masakan
c. Asap rokok
d. Racun serangga
6. Ketika kita bernapas
gas apakah yang hanya dibutuhkan oleh tubuh kita...
a. Karbon dioksida
b. Nitrogen
c. Oksigen
d. Uap air
7.
Pada saat terjadi pertukaran udara pernapasan terjadi pula . . . ..
e.
oksigen diikat Hb untuk diedarkan
ke seluruh sel tubuh
f.
karbon dioksida diikat Hb untuk
diedarkan ke seluruh tubuh
g.
oksigen dilepaskan oleh Hb untuk
dikeluarkan dari tubuh
h.
karbon dioksida diikat oleh Hb
8. Untuk dikeluarkan dari tubuh saat menarik napas, udara masuk rongga hidung dan selanjutnya menuju . .
. ..
d. kerongkongan - bronkus - bronkiolus – alveolus
e. tenggorokan - cabang batang tenggorok –
alveolus
f.
cabang batang tenggorok -
kerongkongan – alveolus
g. kerongkongan - cabang kerongkongan – alveolus
9. Menyaring dan
mengeluarkan partikel-partikel asing yang masuk ke saluran pernapasan merurakan
fungsi dari...
a. Bronkus
b. Bronkiulus
c. Silia
d. Laring
10. Sumber pencemaran
udara di dalam rumah bisa berasal dari...
a. Gas buang motor
b. Uap air mendidih
c. Gas buang mobil
d. Asap rokok dan racun
serangga
II.
Isilah titik-titik
dibawah ini dengan benar.
1.
Apakah yang dimaksud dengan bernapas...
2.
Fungsi bulu-bulu hidung adalah...
3.
Apakah yang dimaksud dengan perokok pasif...
4.
Bagian paru-paru tempat terjadinya pelepasan gas
oksigen dan penarikan gas dioksida adalah...
5.
Penghubung antara rongga hidung dan paru-paru....
LAMPIRAN V
ASPEK PENILAIAN PSIKOMOTOR
No
|
Indikator Psikomotor
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Indikator Penilaian
|
1
|
Keterampilan menggunakan
alat
|
|
|
|
|
1. Tidak terampil menggunakan alat
|
2. Menggunakan alat tetapi tidak aktiv
|
||||||
3. Menngunakan alat dan aktiv
|
||||||
4. Menggunakan alat dan merapihkannya kembali
|
||||||
2
|
Kegiatan
merancang kegiatan
|
|
|
|
|
1. Tidak kreatif dalam merancang kegiatan
|
2. Pasif dalam merancang kegiatan
|
||||||
3. kreatif dalam merancang kegiatan
|
||||||
4. Kreatif dan aktif dalam merancang kegiatan
|
||||||
3
|
Keterampilan
melakukan kegiatan
|
|
|
|
|
1. Kurang cekatan dalam melakukan kegiatan
|
2. Cukup cekatan dalam melakukan kegiatan
|
||||||
3. Cekatan dalam melakukan kegiatan
|
||||||
4. Sangat cekatan dalam melakukan
kegiatan
|
LAMPIRAN VI
ASPEK PENILAIAN AFEKTIF
No
|
Indikator Afektif
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Indikator Penilaian
|
1
|
Kehadiran di
kelas
|
|
|
|
|
1. Tidak pernah hadir
|
2. Tidak hadir tanpa keterangan
|
||||||
3. Kehadiran kurang dari 50%
|
||||||
4. Selalu Hadir
|
||||||
2
|
Bertanya di kelas
|
|
|
|
|
1. Tidak aktif
|
2. cukup aktif
|
||||||
3. Aktif
|
||||||
4. Sangat Aktif
|
||||||
3
|
Ketepatan waktu
mengumpulkan tugas
|
|
|
|
|
1.
Telat satu minggu
|
2.
Telat lebih dari 3 hari
|
||||||
3.
Telat satu hari
|
||||||
4. Tepat dalam
mengumpulkan tugas
|
||||||
4
|
Mendengarkan
teman 1 tim
|
|
|
|
|
1. Tidak menghargai teman 1 tim
|
2. Cukup menghargai teman 1 tim
|
||||||
3. Menghargai teman 1 tim
|
||||||
4. Sangat menghargai pendapat teman 1 tim
|
||||||
5
|
Peran didalam tim
|
|
|
|
|
1. Tidak perduli dengan teman 1 tim
|
2. Cukup perduli dengan 1 tim
|
||||||
3. Perduli namun kurang berpartisipasi aktiv
|
||||||
4. Peduli dan berpartisipasi aktif dalam tim
|
LAMPIRAN VII
MEDIA GAMBAR


Gambar 1. Torso

Gambar 2. Alat
pernapasan pada manusia

Gambar 2. Cara masuk udara ke dalam paru-paru

Gambar 3. Cara pengeluaran udara dari paru-paru

Gambar 4. Rongga hidung manusia

Gambar 5. Bagian Paru-paru
Casinos Near Casinos in Las Vegas, Nevada - MapYRO
BalasHapusLooking 구리 출장안마 for casinos close to Las 강원도 출장샵 Vegas? 구미 출장샵 MapYRO provides detailed 상주 출장안마 casino information for casinos in Las Vegas, Nevada. 김포 출장샵